Siswa MTsN 2 Purworejo mengikuti Program Penguatan Kompetensi Literasi dan Numerasi


Sebanyak 281 siswa MTsN 2 Purworejo mengikuti Program Penguatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Menempati 3 ruang Laboratorium Komputer MTsN 2 Purworejo, para siswa yang terdiri dari 9 Kelas 8A โ€“ 8I dibagi bagi menjadi 3 sesi kegiatan. Sesi 1 masuk pada pukul 07.00 โ€“ 10.00, sesi 2 : 10.15 – 13.30 dan sesi 3 : 13.45 – 16.45.
Ahmad Yusup, S. Pd. selaku Waka Kurikulum, Dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Literasi dan Numerasi akan menjadi komponen utama dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum merupakan asesmen untuk mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan peserta didik. Kemampuan minimal tersebut terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Asesmen Kompetensi Minimum dilaksanakan tidak lagi berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam Ujian Nasional. Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi. Asesmen kompetensi pengganti UN akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan hafalan.
Kepala MTsN 2 Purworejo, H. MZ Muhtadin, S. Ag. Menambahkan bahwa Literasi dan numerasi adalah kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Pengertian literasi dan numerasi terkait dengan kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional. Pengertian literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

0 comments on “Siswa MTsN 2 Purworejo mengikuti Program Penguatan Kompetensi Literasi dan Numerasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *