MTs NEGERI 2 PURWOREJO PERINGATI HARI BATIK NASIONAL


Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat berharga dan sudah menjadi identitas Bangsa Indonesia. Pemerintah Indonesia bahkan telah menetapkan satu hari khusus sebagai Hari Batik Nasional, yakni 2 Oktober 2023.

MTsN 2 Purworejo (2/10/2023). Ada yang sedikit berbeda dari pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran di MTsN 2 Purworejo, Biasanya para warga MTsN 2 Purworejo, mengenakan seragam Nasional ketika pada hari besar nasional, tetapi pada hari ini, Selasa (2/10/2023) seluruh warga madrasah mengenakan pakaian batik. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan dalam rangka peringatan hari batik Nasional yang tepat pada tanggal 2 Oktober 2023. Batik merupakan perekat bangsa sekaligus menjadi simbol persatuan. Dengan berbatik, tidak ada lagi strata sosial, kaya maupun miskin. Karena batik menunjukkan kolektivitas dan kebersamaan. Hal ini disampaikan oleh Kepala madrasah, MZ Muhtadin, S. Ag, pada saat menanggapi makna yang bisa dipetik dari Peringatan Hari Batik Nasional, pada 2 Oktober 2023.
“Tentunya kita sangat bangga dengan banyaknya budaya dan ciri khas di Indonesia. Salah satunya yang kita pakai pada hari ini.
          Peringatan hari batik Nasional, disambut dengan antusias oleh warga sekolah. Terlihat dari peserta didik yang menggunakan baju batik dengan rapi sebagai wujud kebanggaan atas budaya Indonesia  yang kini sudah melekat di hati masyarakat.
Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional bukannya tanpa alasan. Penetapan tersebut didasarkan pada tanggal diakuinya batik sebagai warisan budaya takbenda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) beberapa tahun silam.
Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya. Corak ragam batik yang mengandung penuh makna dan filosofi akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang  di Indonesia. Motif Batik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motif adalah corak atau pola. Motif adalah suatu corak yang di bentuk sedemikian rupa hinga menghasilkan suatu bentuk yang beraneka ragam.
Motif batik adalah corak atau pola  yang menjadi kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif-motif batik itu antara lain adalah motif mahluk hidup, tumbuhan, geometris, dan motif lain. Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang. Membatik merupakan tradisi turun-menurun. Karena itu, sering motif batik manjadi ciri khas dari batik yang diproduksi keluarga tertentu (Wikipedia, 2015).
Indonesia mempunyai beberapa motif yang terkait dengan budaya setempat. Beberapa faktor yang mempengaruhi lahirnya motif-motif batik antara lain adalah letak geografis, misalnya di daerah pesisir akan menghasilkan batik dengan motif yang berhubungan dengan laut, begitu pula dengan yang tinggal di pegunungan akan terinspirasi oleh alam sekitarnya; sifat dan tata penghidupan daerah; kepercayaan dan adat di suatu daerah; serta keadaan alam sekitar termasuk flora dan fauna.
Pengetahuan mengenai kekayaan budaya bangsa saat ini penting untuk ditanamkan pada pada generasi bangsa. Dan salah satunya mengenai karya batik.

0 comments on “MTs NEGERI 2 PURWOREJO PERINGATI HARI BATIK NASIONAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *